Ringkasan Kurikulum

Kurikulum setiap jurusan di FISIP Undana berbasis kompetensi yakni sekumpulan Mata Kuliah dan pengalaman belajar yang harus ditempuh mahasiswa untuk memperoleh kompetensi tertentu sewaktu menamatkan studinya. Kurikulum yang berlaku di FISIP adalah kurikulum tahun 2002 untuk tahun ajaran 2002 – 2005 dan kurikulum 2007 untuk tahun kuliah 2006 – 2011. Kurikulum tahun 2007 diterapkan melalui SK Dekan Nomor 22b Tahun 2007 tanggal 05 September 2007. Mulai Semester Ganjil 2012/2013 berlaku kurikulum baru untuk semua (5 jurusan) sesuai rapat senat FISIP Undana tanggal 7 Agustus 2012.

Kurikulum yang disusun terdiri atas kurikulum inti 80% dan 20% muatan lokal yang diatur oleh jurusan, fakultas dan universitas yang berlaku secara nasional diatur oleh Menteri Pendidikan Nasional. Pendekatan kurikulum yang digunakan adalah kombinasi antara pendekatan berdasarkan ilmu, pendekatan yang berorientasi pada tujuan dan kebutuhan stakeholders karena dihasilkan melalui sebuah lokakarya yang melibatkan pihak-pihak terkait.

Kurikulum Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis yang disusun memperhatikan jenjang kualifikasi (jenjang 6) pada KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) yang memuat nilai-nilai yang harus dimiliki lulusan Jurusan/PS IABI, yaitu : (a) mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi; (b) menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural; (c) mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternative solusi secara mandiri dan kelompok; dan (d) bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.